Inspirasi Kambing Jantan

Jakarta, 16 juni 09

Kambing jantan…

Kambing jantan the movies…baru saja aku saksikan dari VCD yang dibawa oleh abg sepupuku..ga film terbaru sih..tapi feel very free to watch that. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan sesuatu, yang ada hanya kata belum berkesempatan. Jadi apapun pekerjaannya sebaiknya kamu lakukan dengan serius dan nikmatilah. Jangan sia2kan waktumu..ya walupun mungkin sebagian orang berpendapat bahwa “watch the movies/television” adalah hal yang tak berguna..but I don`t think so!!

Hmm..kami menyaksikan kisah ini bersama2. ..Kambing jantan berkisah tentang seorang anak manusia yang  seyogyanya di alami oleh setiap insan di dunia ini. Kisah ini menginspirasi dan menggerakkan ku untuk segera membuka laptopku dan menuangkannya segera.

Kehidupan kita diawali dengan sebuah kelahiran dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang berbeda. Latar belakang yang berbeda itu akan membentuk pola pemikiran yang beragam dan keunikan yang khas personil yang mengalaminya. Orang tua, cara didik, lingkungan, pendidikan, para sahabat, adat istiadat dan lain sebagainya merupakan beberapa faktor di antara sekian banyak hal2 yang memotori karakter dari personil.   Pada kisah ini KJ diperankan oleh Raditya Dika..seorang anak yang hidup dalam keluarga yang cukup berada dengan 4 orang adik perempuannya. Dia menyebutkan dirinya dengan sebutan kamibing jantan karna dilahirkan dengan bantuan seorang dokter hewan..he..he..serem, sadis, kasihan, unik atau malah lucu kedengarannya,,tapi itulah faktanya. Terlepas kita tidak mengetahui apa penyebab pastinya sehingga ia dilahirkan dengan bantuan dokter hewan. Sebagai seorang anak sulung tentunya ortu sangat berharap  banyak padanya untuk menjadi seorang yang berhasil dan membanggakan dalam kehidupan mereka.ya..pastinya..all parants will do that!!

Coba kamu perhatikan sekitarmu pasti banyak kau temukan hal2 yang mungkin terkadang trasa “aneh”(baca : Tidak nyaman/tidak matching) dengan kamu. Kalo bahasa gaulnya mungkin “ga gw banget gitu lho” pas banget  kayaknya ya..hmm..Yah apapun keAnehan yang kamu rasakan itu menimbulkan sikap yang aneh juga untuk menyikapinya..ho..ho..wah..wah..pada ngerti ga sih??jangan bilang  klo kamu ga ngerti..Yuks kita bahas lebih lanjut….yuk ..yak ..yuk..^_^

Berbicara keanehan..nah sy harap ini tidak merupakan pembahasan yang aneh kedengarannya bg kamu yang membaca.he..he..Banyak keanehan yang saya alami dalam hidup sy dan pastinya bukanlah suatu hal yang tanpa alasan. Satu hal yang mungkin kamu anggap sepele misalnya di singapore sana sapa yang meludah bakal di denda lho..lah kok??

Dalam hal selera..banyak juga yang aneh..ada yang suka makanan pedes, manis, goreng2an, kari2an, oseng2an, sayur2an, buahan dll.bahkan ada juga yang doyan makan cacing, ulat, ular, kodok, kelelawar atau bahkan beling. Tuh kan..dalam hal makan aja udah banyak keanehan..nih belum semuanya dibahas. Tp ini cukup untuk di jadikan gambaran yang kita bahas ya..

Mari kita amati keluarga dimana kita tumbuh dan dibesarkan.ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek. Tiap individu dalam bentuk hubungan sosial ini pun kita akan menemui banyak keanehan. Tapi sekarang mari kita sepakati bahwa kenaehan yang kita maksud selanjutnya akan kita sebutkan sebagai perbedaan.

Nah..perbedaan..banyak skali perbedaan yang ada..banyak dan banyak skali..

Perbedaan bentuk fisik, perbedaan selera makan, perbedaan hobby, perbedaan aliran musik, perbedaan berpendapat  dan lain sebagainya..klamu pasti dapat menemukan perbedaan2 di dunia ini yang kamu rasakan..namun yang paling penting adalah jangan sampai perbedaan2 itu membuat kita saling bermusuhan, sikut kiri sikut kanan, saling menjatuhkan, saling menghina bahkan bisa mebuat kita hancur..

“Sgala perbedaan itu membuatmu jauh dariku..

Biarlah sang waktu menjaga cintamu…”

Nah ini lagu Ari lasso….perbedaan membuat kita jauh..apa betul begitu ya sobat??

Mungkin Kmu pernah dengar  kalimat ini “perbedaan bukanlah suatu perpecahan tapi merupakan  suatu keanekaragaman yang perlu kita lestarikan”..

Saya rasa pernyataaan dari kalimat itu sangat baik untuk trus kita tanamkan dalam pola pikir kita..justru dengan adanya kenaekaragaman itu kita menjadi saling melengkapi..satu dengan lainnya..karena tidak ada makhluk yang sempurna yang dapat hidup sendirian dengan sgala sesuatu yg di anugrahkan kpd dirinya..Hidup untuk saling mengisi, melengkapi dan saling menyayangi..

Persatuan diantara perbedaan yang ada justru akan membuat kita lebih kuat dan mandiri sebagai bangsa..bangsa Indonesia..Indonesia Tercinta..

Teringatku pada firmanNYA :

“ Mereka tidak akan memerangi kamu dalam keadaan bersatu padu, kecuali dalam kampung-kampung  yang berbenteng atau dibalik tembok. Permusuhan antara sesama mereka adalah sangat hebat. Kamu kira mereka itu bersatu sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karna sesungguhnya mereka adalah kaum yang tiada mengerti” (Al- Hashr ayat 14)

Indonesiaku adalah bangsa yg sangat besar dengan berbagai keberagaman etnik, budaya, suku, ras bahkan agama sekalipun. Ini sesungguhnya adalah sumber kekuatan yang seharusnya membuat kita menjadi BERSATU..bukan malah terpecah. .

Jangan mudah terhasut oleh bangsa lain yang justru menjerumuskan kita…tidak senang dengan keberhasilan kita. Teguhkan hati, kerja sama dan sama2 bekerja dengan penuh ketulusan terhadap sesama..hingga  kelak  akan terucap dari bibir kita “Kami adalah satu golongan yang bersatu dan pasti menang” (Al-Qomar ayat 44)

Mudah2an saja akan segara terwujud rasa persatuan dan kesatuan dari bangsa Indonesia ini. Tiba saatnya dimana kita merasa bagga sebagai anak bangsa. Tapi melihat dari perjalanan dunia politikkita belakangan ini sepertinya sangat sulit untuk terealisasi,apalagi ditambah dengan opini publik yang terbentuk dari penambahan  bumbu2 oleh para media (cetak, elektronik, talk show dll)..wah susah..susah pisan euy..

Pola pemikiran yang sudah terbentuk dari tiap individu tidaklah dengan mudah dapat dijadikan satu visi. Dalam satu keluarga saja hal ini sangat sulit untuk terwujud. Ayah berkata lain, ibu pengennya lain, abang, kakak dan adik sudah tentunya berbeda..diri kita sendiripun juga akan punya pendapat. Yang mungkin ada adalah satu pemahaman dan satu kesepakatan yang disetujui bersama dengan di barengi oleh rasa tenggang rasa. Sesungguhnya manusia itu sangat unik, sangat spesial dan luar biasanya lagi dikarunia oleh Sang Pencipta dengan Akal dan pikiran..kita menunjukkan berbagai macam emosi (marah, senang, benci, sedih dll) atas satu kejadian yang sama..tiap individu akan berbeda..

Namun yang paling penting adalah rasa Tenggang rasa tadi..ini yang membuat segalanya berlangsung lebih mudah dan lega..karena sesungguhnya tidak ada yang sempurna di dunia ini. Semua memiliki keterbatasan dan kekurangan. Untuk itulah Allah menciptakan begitu banyak makhluknya dengan kegunaan, kemampuan dan kunikan masing-masing  agar suatu hari kelak kita bisa  saling melengkapi, mengisi dan membahagiakan yang lain..

Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s