Tanabe in a Glance

PT. TANABE INDONESIA

Sekelumit tentang industri farmasi terutama PT. Tanabe Indonesia akan saya paparkan pada tulisan kali ini. PKP kali ini sudah berlangsung selama 2 hari dengan rutinitas jadwal dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Saya merasa sangat senang karena banyak materi yang di dapat dari orang-orang yang sangat kompeten dibidangnya(tapi masih perlu penyesuain lebih jauh agar betah berlama-lama di meeting room..^_^) . Kami juga bisa melihat langsung penanganan limbah cair oleh bapak Dede Rahmat sebagai Supervisor bagianTechnical Maintenance.

untuk pembahasan penanganan limbah cair akan saya bahas pada tulisan selanjutnya. Sekarang saatnya kita memulai pengenalan tentang Industri farmasi terutama PT.Tanabe Indonesia. Ibarat kata pepatah “Tak Kenal maka Tak sayang, Tak sayang maka Tak Cinta”. .Yuk mari..mari belajar bersama dan sama-sama belajar..kan jadinya lebih ringan..

Berdasarkan Surat Keputusan Menkes RI No. 245/ Menkes/ SK/ 1990 yang dimaksud dengan Industri famasi adalah industri obat jadi dan industri bahan baku obat.

Industri obat jadi adalah industri yang menghasilkan suatu produk yang telah melalui seluruh tahap proses pembuatan meliputi produksi dan pengawasan mutu mulai dari pengadaan bahan awal, proses pengolahan, pengemasan sampai obat jadi didistribusikan. Industri bahan baku adalah industri yang memproduksi bahan baku baik yang berkhasiat maupun yang tidak berkhasiat, yang berubah maupun tidak berubah, yang digunakan dalam proses pengolahan obat.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh industri farmasi untuk dapat memperoleh izin usaha adalah sebagai berikut :

  1. Industri farmasi dilakukan oleh Perusahaan Umum (Perum), Badan Hukum berbentuk Perseroaan Terbatas (PT) atau Koperasi.
  2. Memiliki rencana investasi.
  3. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  4. Industri Farmasi Obat Jadi dan Bahan Baku Obat wajib memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).
  5. Industri Farmasi Obat Jadi dan Bahan Baku Obat wajib mempekerjakan secara tetap sekurang-kurangnya tiga orang Apoteker Warga Negara Indonesia masing-masing sebagai penanggung jawab produksi, penanggung jawab pengawasan mutu dan penanggung jawab manajemen mutu (pemastian mutu) sesuai dengan persyaratan CPOB.

Obat jadi yang diproduksi oleh Perusahaan Industri Farmasi hanya dapat diedarkan setelah memperoleh persetujuan sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

PT. Tanabe Indonesia merupakan industri farmasi yang telah menerapkan CPOB untuk tiap produk yang dihasilkannya. Di dirikan sejak tanggal 25 Juli 1970 dengan nama awalnya adalah PT. Tanabe Abadi dan bertempat di Bandung. Industri  ini memilki 380 karyawan yang tersebar di seluruh Idonesia. Secara struktural PT. Tanabe Indonesia dipimpin oleh Dewan Direksi yang terdiri dari seorang Presiden Direktur (Bpk. Hitoshi Mihara..nihon jin ni..alias orang jepang) dan di bantu oleh 3 orang direktur. Untuk menjalankan kegiatan operasional manajerial perusahaan Presiden Direktur membawahi 4 Headquarter dan tiap devisi di pimpin oleh seorang direktur.

PT. Tanabe Indonesia memproduksi berbagai bentuk sediaan farmasi, diantaranya adalah :

  • Tablet (Plain Tablet) :          Herbesser, Herbesser  60, Maintate, Tanapress 5&10, Adona (AC-17)&Forte, Bestocol, Neo-Novapan plus,          Asvex, Pyronal, Inolin.
  • Tablet Salut Gula (Sugar Coated) : Neuro-Beston, Aspar
  • Tablet Salut Film (Film Coated) : Aspar-K dan Maintate 2,5
  • Kapsul Lepas Lambat : Herbesser 90SR, Herbesser 180SR, Herbesser CD100, Herbesser CD200
  • Kapsul : Sesden
  • Sirup : Neo- Novapon, Chlorphemin dan Inoln Pediatric Drops
  • Injeksi : Adona (AC-17) 2ml, 5 ml, 10 ml ; Inolin 1 ml ; Sesden 1 ml, Herbesser 10 mg&50 mg, Remicade dan   Alinamin.

Selain memproduksi obat jadi PT. Tanabe Indonesia juga memproduksi bahan baku, sejak tahun 1990 yaitu Diltiazem HCl, namun karena tingginya biaya produksi maka di tahun 2002 produksi dihentikan dan diganti dengan produksi Calcium L- Asprtat (ASA-Ca) yang dimulai pada tahun 2005.

PT. Tanabe Indonesia mendistribusikan dan memasarkan hasil produksinya tidak hanya di dalam negeri tapi juga di ekspor ke Negara lain. Beberapa Negara tujuan ekspor PT. Tanabe Indonesia adalah Jepang, Taiwan, Uruguay, Hogkong, Vietnam, Malaysia, Singapore, Srilanka dan Pakistan. Produk yang di ekspor keluar berupa produk setengah jadi, produk jadi dan bahan baku, sedangkan dI Indonesia sendiri produk jadi saja yang dipasarkan dengan PT. Anugerah Argon Medika sebagi distributor tunggal.

Nah demikian dulu catatan saya kali ini..See you soon in the next note..

10 thoughts on “Tanabe in a Glance

  1. Pingback: Limbah Cair Industri « Nurmilasari21's Blog

  2. Maaf,sya dgn Andre.Mahasiswa Profesi Apoteker Universitas Hasanuddin.
    Boleh minta penjelasan mengenai Perencanaan Produksi dan pengadaan bahan/barang di Tanabe?
    Terima kasih.

    • Sepengetahuan saya..Perencanaan bahan/produksi di rencanakan setiap tahun berdasarkan Anggaran dana dan melihat pasar. pembelian bahan-bahan pada suplier yang telah di audit melalui vendor audit. Selanjutnya Cashflownya akan disesuaikan per 3 bulan untuk tahap produksi apa aj yang akan dilakukan, jenis, jumlah dan tenaga yang di tempatkan..jadi forecastnya akan lebih stabil n tidak fluktuatif..
      Moga manfaat ya..O ya Andre MHSW nya ibu Mira n pak Azwat??kenal??

  3. maaf saya sita mahasiswa teknik industri itenas, saya mau tanya kalau di PT Tanabe Indonesia yang di ujung berung itu menrima kerja praktek (KP) untuk mahasiswa atau tidak ya?
    terus kalau mau nanya masalah KP ini bisa menghubungi siapa ya?

  4. maaf saya depi alhmdullilah saya baru lulus S1 Farmasi di unisba, mw nanya kalau di PT Tanabe menerima orang yang magang tidak???? terima kasih..

  5. assalamu’alaikum
    mba nurmilasari terimakasih infonya, berguna sekali untuk saya
    saya uci, mahasiswa smstr 6 jurusan kimia, rencananya mau KP di Tanabe Indonesia.
    Mau nanya persyaratan ngajuin-nya, apa perlu pake proposal atau cukup surat pengantar aja?
    Terimakasih..mohon tanggapannya🙂

  6. Saya budi santoso,saya mengidap AS,dan sy perlu obat injeksi simponi,dimana saya bisa mendapatkannya,untuk daerah sby,dan brp harganya.terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s